<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d20262286\x26blogName\x3ddeepheart\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://punyahasan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://punyahasan.blogspot.com/\x26vt\x3d1302758872242214304', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>



Minangkabau

Tatsqif Bo-Teng, Kampus IPB Baranangsiang, 08.15 WIB
“Subhanallah..ternyata dia juga datang..alhamdulillah..”

“ Sebelah kosong nih...!!”

Akhirnya kami duduk bersebelahan.

Mall ADA Bogor, di sudut pakaian pria
Aji :“ Terakhir..ane liat ada di sekitar sini..mana ya??”
Saya : “ Antum cari apaan sih..?? “

Dia cuma senyum-senyum aja..
Aji :“ Itulah sebabnya ane agak ragu ngajak antum…”
Saya : “ Emang kenapa..??”

Setelah sesaat melihat raut wajahnya, barulah saya sadar.
Saya :“ Hehehe…nyari ***** ya ??”

Lagi-lagi dia cuma nyengir..

Masjid Raya Bogor, sesaat setelah adzan dzuhur
Kirain ada apaan..perasaan koq masjid ini keliatan rame banget
Saya :“ Ada UJE..”
Aji
: “ Mo liat dulu gak..??”
Saya
: “ Ok deh..”
Baru semenit acara puncak dimulai, kami dah kabur..

Warung Makan Amaliah, dua ikhwan laper berat..
Sambil makan, kami ngobrol. Dia cerita tentang asal mula nama Minangkabau [kampung halamannya]

Aji pun bercerita :“ Minangkabau itu berasal dari kata Minang artinya Menang dan Kabau artinya Kerbau. Dulu ada orang asing yang datang ke Minangkabau, ngajakin ngadu kerbau. Taruhannya jika sang orang asing menang maka seluruh daerah itu beserta kekayaannya akan menjadi miliknya, sebaliknya jika orang orang asing itu kalah maka kekayaan yang ia bawa dengan kapal-kapalnya akan menjadi hak milik warga setempat.

Singkat cerita adu kerbau pun dilakukan. Sang orang asing membawa seekor kerbau besar. Besarnya kerbau itu membuat khawatir warga setempat. Tanpa kehilangan akal, warga setempat pun mengatur strategi untuk memenangkan adu kerbau tersebut. Setelah diteliti kerbau yang dibawa oleh sang orang asing adalah kerbau betina. Akhirnya warga setempat menyiapkan seekor kerbau mereka. kerbau yang disiapkan kerbau anak-anak yang masih menyusui. Kerbau itu dipisahkan dari induknya selama 3 hari. Karena belum mempunyai tanduk warga setempat meminta agar diperbolehkan untuk memasang tanduk buatan dari logam. Orang asing itu menyetujui.

Saat adu kerbau dimulai. Kerbau sang orang asing tidak menganggap kerbau dihadapannya adalah lawan *lang wong masih anak-anak* akhirnya kerbau itu diam saja.

Beda dengan kerbau kecil itu. Saat melihat ada kerbau betina dihadapannya, karena sudah lama tidak minum susu dari sang induk, kerbau kecil itupun langsung menyeruduk *ada kata yang lebih sopan gak ya..?* bagian perut kerbau betina dihadapannya. Kerbau betina itupun terluka dan kalah. Itulah sebabnya daerah itu di sebut Minangkabau.”

Saya : “Oh gitu ya..baru tau ane..!!”

Fajri Helmi (Aji)
1 tahun lebih muda dari saya. Mahasiswa Departemen Hortikultura IPB. Anak ke-4 dari 4 bersaudara. Berasal dari daerah Bukit Tinggi Sumatra. Menghabiskan masa kecil di sawah dan daerah perbukitan dekat rumah. Dia juga menyampaikan pada saya beberapa kenyataan penting tentang daerah asalnya; katanya disana AC (Air Conditioner) itu gak laku..abis daerahnya dah dingin banget. Yang lebih menyenangkan adalah kultur Islamnya yang sangat kental..Alhamdulillah..

1 Responses to “”

  1. # Anonymous Anonymous

    oh jadi gitu toh ceritanya
    baru tau euy

    makasih ya udah mampir, salam silaturahmi ;)  

Post a Comment



© 2006 deepheart | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health